Connect with us

Random

Fenomena 10 Kecelakaan Kapal Laut Terbesar Sepanjang Sejarah

Published

on

Fenomena 10 Kecelakaan Kapal Laut Terbesar Sepanjang Sejarah

Kapal laut merupakan transportasi yang paling banyak digunakan di dunia. Eksistensi kapal laut didukung dengan luas wilayah perairan di dunia 2/3 dari luas bumi. Namun, sesempurna apapun konstruksi kapal, peralatan kapal, dan nahkoda professional, masih mungkin terjadi kecelakaan kapal laut.

Kecelakaan kapal laut dapat terjadi pada kapal komersial, kapal pengangkutan barang, hingga kapal militer. Sejarah mencatat jika peristiwa kecelakaan kapal laut terbesar di bawah ini paling mengenaskan. Terutama menelan korban jiwa yang merenggut ratusan nyawa.

10 Kecelakaan Kapal Laut Terbesar Yang Pernah Dialami

Tidak ada kecelakaan yang tidak mengenaskan. Berikut ini 10 peristiwa kecelakaan kapal laut terbesar sepanjang sejarah manusia.

1. MV Wilhelm Gustloff

source: wikipedia

MV Wilhelm Gustloff, kapal dengan bendera Jerman yang berlayar Januari 1945. Kapal ini mengalami kecelakaan setelah menerima tiga peluru torpedo ketika berlayar di laut Baltik. Saat itu, MV Wilhelm Gustloff tengah membawa petinggi NAZI, personel militer, dan warga sipil yang dievakuasi oleh tentara Rusia. Insiden kecelakaan kapal ini menelan 9.400 korban jiwa.

2. MV Goya

Insiden kapal MV Goya yang tenggelam menyebabkan 6.000 orang meninggal dunia. Kejadian na’as tersebut dialami pada 16 April 1945. Adapun penyebab kapal tenggelam karena tertabrak kapal selam Uni Soviet di Laut Baltik.

Kala itu terjadi Perang Dunia II. MV Goya membawa lebih banyak anak-anak dibandingkan orang dewasa. Dilaporkan dari insiden tersebut masih ada korban selamat berjumlah 183 orang.

3. MV Dona Paz

Kecelakaan MV Dona Paz terjadi pada 20 Desember 1987. Dimana menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 4.375 orang. Bentuk MV Dona Paz merupakan kapal feri berbendera Filipina.

Insiden ini disebabkan karena MV Dona Paz bertabrakan dengan MT Vector. Sayangnya sekitar 95% penumpang kehilangan nyawa karena kapal tenggelam saat malam hari. Usai bertabrakan terjadi ledakan kapal yang cukup dahsyat.

4. RMS Lancastria

Kecelakaan RMS Lancastria yang terjadi tanggal 17 Juni 1940. Publik menilai kecelakaan RMS Lancastria paling mengerikan yang pernah ada di Inggris. Setelah didata korban jiwa dari peristiwa tragis tersebut berjumlah 4.000 orang. 

Baca juga: Kota Mewah Klasik Macau ada Kasino Termegah di Asia

5. SS Mont-Blanc

SS Mont-Blanc adalah kapal dari Prancis yang bernasib na’as karena tenggelam pada tanggal 6 Desember 1917. Adapun penyebabnya karena ditabrak oleh Norwegia SS Imo saat hendak berlabuh di pelabuhan. Kapal yang membawa senjata tersebut tenggelam usai meledak. Akibatnya 2.000 orang yang berada di dalam kapal dan sekitar pelabuhan meninggal dunia.

6. MV Le Joola

MV Le Joola, sebuah kapal feri dengan bendera Negara Senegal. Tenggelamnya MV Le Joola terjadi pada tanggal 26 September 2002 saat berlayar di wilayah pesisir Gambia. Terdata sebanyak 1.863 orang penumpang yang ditemukan meninggal dunia. Penyebab utama dari kecelakaan MV Le Joola karena mengangkut muatan melebihi batas maksimum.

7. Titanic

Kapal Titanic yang tenggelam dikatakan sebagai fenomena paling dikenang sepanjang sejarah. Peristiwa na’as tersebut terjadi pada 15 April 1912. Saat itu Titani tengah berlayar di wilayah Lautan Atlantik Utara. Penyebab utama kapal tenggelam karena lambung kapal yang tertabrak gunung es besar. Akibatnya 1.514 orang penumpang kapal meninggal dunia.

8. RMS Lusitania

RMS Lusitania merupakan kapal berbendera Inggris yang tenggelam tanggal 7 Mei 1915. Kala itu sedang melakukan pelayaran dari Liverpool menuju ke New York. Penyebab RMS Lusitania tenggelam karena menerima tembakan berkali-kali dari kapal perang Jerman dan akhirnya tenggelam. Peristiwa tersebut menyebabkan 761 orang penumpang kapal meninggal dunia.

9. USS Indianapolis (CA-35)

Landscape

USS Indiana Polis ditembak oleh torpedo kapal selam Jepang hingga akhirnya tenggelam. Diketahui sebanyak 1.196 orang penumpang meninggal dunia karena mengalami dehidrasi atau diserang hiu. Adapun korban selamat sebanyak 317 orang.

10. RMS Empress of Ireland

RMS Empress of Ireland adalah kapal yang berasal dari Kanada. Ketika berlayar di sungai Saint Lawrence pada tanggal 29 Mei 1914 tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal muatan dari Norwegia.

Kecelakaan kapal tenggelam tersebut menewaskan 172 orang awak kapal dan 840 orang penumpang. Penumpang kapal yang tewas karena semuanya berada pada bagian dasar kapal. Alhasil sulit menyelamatkan diri dan meninggal di tempat.

Random

Alat Keselamatan Kerja di Kapal yang Wajib Ada

Published

on

alat keselamatan kerja di kapal

Pekerja yang berada di kapal pastinya akan mendapatkan banyak risiko. Pekerjaan di atas laut ini harus menggunakan berbagai komponen keselamatan yang sesuai standar agar tetap aman ketiika bekerja di kapal. Dengan menggunakan alat keselamatan kerja di kapal pastinya pekerja akan lebih terlindungi. Apa saja?

alat keselamatan kerja di kapal
ptbcm.co.id

Pakaian Pelindung Khusus

Salah satu alat keselamatan kerja di kapal yang wajib ada adalah pakaian pelindung. Pakaian ini akan melindungi tubuh dari berbagai ancaman seperti tergores atau terkena paparan sinar dan panas. 

Alat Pelindung Kepala: Helm Safety

Ketika sedang bekerja, menggunakan helm safety adalah hal yang wajib. Alat ini bisa berguna untuk melindungi kepala dari berbagai risiko berbahaya. Perlindungan terbaik pada kepala bisa menjaga agar tetap aman dari adanya benturan dan berbagai benda keras berbahaya lain.

Menggunakan Sepatu Safety untuk Kerja di Kapal

Mesin kapal biasanya berada di ruangan khusus, oleh karena itu perlu untuk mengenakan sepatu khusus sebagai alat pengaman kaki. Dengan menggunakan alat keselamatan kerja di kapal ini, kaki akan lebih aman dan kamu mudah dalam melangkah.

Sarung Tangan Safety 

Ketika berada di kapal, kamu harus menggunakan sarung tangan safety yang berguna untuk menjaga tangan dari panas maupun benda tajam. Bekerja di kapal sangat berisiko sehingga wajib menggunakan berbagai peralatan sarung tangan safety ini, agar tidak mudah terluka.

Goggles untuk Keselamatan Mata

Mata adalah organ tubuh yang penting sehingga harus ekstra dilindungi. Maka ketika bekerja di kapal, jangan lupa menggunakan goggles atau kacamata safety untuk mengurangi risiko terkena paparan sinar panas atau adanya benda tajam.

Menggunakan Ear plug di Kapal

Bagi kamu yang akan bekerja di kapal, pastinya jangan lupa untuk mengenakan ear plug. Alat keselamatan kerja di kapal ini wajib digunakan untuk menahan suara mesin kapal. Tahukah kamu bahwa suara mesin kapal mempunyai ukuran 110 sampai 120 db. Jika telinga kita tidak diberi earplug bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Menggunakan berbagai alat perlindungan dan keselamatan diri ini pastinya sangat penting. Semuanya bisa dijumpai di toko alat safety  dengan mudah. Jangan lupa gunakan APD yang sesuai standar!

Mungkin anda juga menyukai: Fenomena 10 Kecelakaan Kapal Laut Terbesar Sepanjang Sejarah

Continue Reading

Blogroll

Trending