Connect with us

Bisnis

Apa Itu Jasa Pengiriman Kargo & 7 Ekspedisi Terkemuka di Indonesia Saat Ini!

Published

on

apa itu jasa pengiriman kargo

Jasa pengiriman kargo telah menjadi tulang punggung distribusi barang di Indonesia. Dengan pertumbuhan e-commerce dan kebutuhan logistik yang semakin meningkat, pemilihan ekspedisi yang tepat menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis pengiriman. Tapi, saya yakin masih banyak yang belum tahu apa itu jasa pengiriman kargo?

Nah, di ulasan kali ini, saya secara khusus akan membahas tentang apa itu jasa pengiriman kargo dan mereview beberapa perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman kargo.

Apa Itu Jasa Pengiriman Kargo? Ini Jawabannya!

Bagi Anda yang belum tahu dengan apa itu jasa pengiriman kargo, jasa pengiriman kargo adalah layanan yang menyediakan solusi logistik untuk pengiriman barang dalam jumlah besar atau berat dari satu lokasi ke lokasi lain. Sebutan lainnya adalah jasa ekspedisi. Jasa pengiriman kargo bertanggung jawab untuk mengangkut barang dari titik asal ke tujuan akhir. 

Setelah memahami apa itu jasa pengiriman kargo, berikut adalah beberapa contoh perusahaan yang bergerak di industri ini.

1. Lion Parcel

Lion Parcel, sebagai bagian dari Grup Lion Air, telah menjadi salah satu pemain kunci di industri pengiriman barang. Dikenal karena jaringan distribusinya yang luas, Lion Parcel menawarkan layanan yang mencakup berbagai jenis kirim, termasuk kilat dan reguler. Keuntungan utamanya adalah keterjangkauan tarif, membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi pengusaha kecil dan menengah.

2. Indah Cargo

Indah Cargo telah lama menjadi pemain utama dalam industri kargo di Indonesia. Dengan fokus pada pengiriman barang berat dan besar, Indah Cargo menawarkan layanan kargo darat, laut, dan udara. Keandalan dan pengalaman mereka dalam menangani barang-barang kargo membuatnya menjadi pilihan untuk bisnis yang membutuhkan penanganan khusus.

3. SiCepat

SiCepat, sebagai bagian dari grup Salim Group, telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan teknologi yang canggih, SiCepat menonjolkan diri dengan layanan pelacakan real-time yang dapat diakses oleh pelanggan. Kecepatan pengiriman dan jangkauan layanan yang luas membuat SiCepat menjadi favorit dalam skenario pengiriman yang membutuhkan ketepatan waktu.

4. J&T

J&T Express, dengan ciri khas warna oranye, telah menjadi salah satu ekspedisi yang paling terlihat di Indonesia. Dikenal karena tarif yang bersaing dan pilihan layanan ekspresnya, J&T Express mendominasi pangsa pasar pengiriman barang ringan hingga sedang. Teknologi yang digunakan untuk pelacakan pengiriman memberikan kejelasan kepada pelanggan mengenai status barang mereka.

5. TIKI

TIKI (Titipan Kilat) adalah salah satu nama tertua dalam dunia pengiriman di Indonesia. Meskipun telah beroperasi selama puluhan tahun, TIKI terus berinovasi untuk tetap relevan di era digital. Dengan jangkauan yang luas dan keberadaan kantor cabang yang banyak, TIKI tetap menjadi salah satu pilihan utama bagi pengirim di seluruh Indonesia.

6. JNE

Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE adalah salah satu perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia. Dikenal dengan jaringan luasnya dan berbagai pilihan layanan, JNE menangani pengiriman dari skala kecil hingga besar. Keunggulan mereka terletak pada layanan pengiriman pintar dan integrasi teknologi dalam memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

7. RIS Kargo

RIS Kargo adalah layanan ekspedisi murah via darat dan laut terpercaya yang berspesialisasi ke pengiriman barang dari Jakarta ke Samarinda dan kota kabupaten lainnya di Kalimantan Timur via truk. Untuk ongkir Jakarta Samarinda, RIS Kargo hanya mengenakan tarif Rp 4.000/kg. Sangat murah. Selain murah, untuk pengiriman barang sampai ke tujuan lumayan cepat, yakni berkisar 9-10 hari saja. Tergantung wilayah tujuan.

Kelebihan dan Perbandingan Antar Ekspedisi

Berikut adalah kelebihan dan perbandingan dari masing-masing ekspedisi di atas.

  1. Jaringan dan Cakupan Layanan: Lion Parcel, J&T, dan JNE memiliki jaringan distribusi yang luas, mencakup banyak kota dan desa di seluruh Indonesia. Ini memberikan keleluasaan kepada pengirim untuk mencapai destinasi yang beragam.
  1. Teknologi Pelacakan (Tracking): SiCepat dan J&T menonjolkan diri dengan teknologi pelacakan yang canggih, memberikan kejelasan dan kepastian kepada pelanggan mengenai pergerakan barang mereka. RIS Kargo juga mengusung prinsip transparansi dengan memberikan informasi tarif yang jelas.
  1. Jangkauan Jenis Layanan: Indah Cargo menawarkan spesialisasi dalam kargo besar dan berat, sementara TIKI dan JNE memiliki berbagai jenis layanan, dari regular hingga ekspres. SiCepat dan J&T fokus pada pengiriman yang lebih cepat dengan tarif yang bersaing.
  1. Pilihan Pengiriman Antar Kota: RIS Kargo menonjolkan diri dengan tarif yang terjangkau untuk pengiriman antar kota besar seperti Jakarta-Samarinda, memberikan solusi ekonomis bagi pengusaha dan pelanggan pada umumnya.

Akhir Kata

Sudah paham, kan, apa itu jasa pengiriman kargo. Ya. Sebutan lainnya adalah ekspedisi atau jasa pengiriman barang. Dengan semakin berkembangnya e-commerce dan aktivitas perdagangan, pemilihan ekspedisi yang tepat menjadi faktor kunci dalam memastikan kelancaran rantai pasok dan kepuasan pelanggan. 

Setiap ekspedisi memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, tergantung pada kebutuhan pengirim. Oleh karena itu, memahami karakteristik dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing ekspedisi adalah langkah penting dalam membuat keputusan yang tepat untuk pengiriman barang Anda.

Baca Juga: Cari Tahu Apa yang Dimaksud Cargo di Shopee

Continue Reading

Info

6 Perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji yang Harus Anda Ketahui!

Published

on

perbedaan rukun haji dan wajib haji

Ada yang belum tahu perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji? Anda perlu mempelajarinya, khususnya untuk Anda yang ada rencana untuk berangkat haji dalam waktu dekat. 

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental. Dalam pelaksanaannya, haji dibagi menjadi dua jenis, yaitu haji wajib dan haji tamattu (rukun haji). Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menunaikan ibadah haji, terdapat perbedaan signifikan dalam pelaksanaan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. 

Di dalam artikel ini, kita akan membahas soal perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji, agar Anda tidak kebingungan ketika melaksanakan rukun haji yang kelima itu. Tapi sebelum itu, baca pahami juga perbedaan umroh dan haji bagi Anda yang belum begitu memahaminya.

6 Perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji

Sebelum berangkat haji, Anda sebaiknya sudah memahami perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji. Tujuannya tentu saja, agar ibadah haji yang Anda kerjakan sesuai dengan yang dikehendaki agama. 

1. Definisi dan Konsep Dasar

  • Wajib Haji: Haji wajib, atau haji ifrad, adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim yang memenuhi syarat tertentu. Haji wajib menjadi rukun Islam kelima dan diwajibkan sekali seumur hidup bagi mereka yang telah mencapai kematangan fisik dan memiliki kemampuan finansial. 
  • Rukun Haji: Rukun haji, atau haji tamattu, memperlihatkan sisi unik dalam pelaksanaan ibadah haji. Berbeda dengan haji wajib, rukun haji melibatkan sejarah pelaksanaan umrah pada tahun yang sama sebelumnya. Para jamaah umrah memulai perjalanan dengan melaksanakan tawaf, sai, dan tahallul sebagai bagian dari umrah. 

Setelah itu, pada bulan haji yang sama, mereka dapat menambahkan niat haji untuk melengkapi ibadahnya. Proses ini menciptakan dimensi spiritual yang mendalam, dimana jamaah telah memulai perjalanan mereka dengan mengawali ibadah haji dengan umrah. Umrah sebagai langkah awal mempersiapkan hati dan jiwa untuk menyambut pelaksanaan haji yang lebih luas. 

Dengan demikian, rukun haji bukan hanya sekedar perjalanan ibadah, tetapi merupakan perjalanan spiritual yang menyelubungi umat Islam dengan keberkahan dan pengampunan Allah. Memahami perbedaan ini membantu umat Islam memilih jalur haji sesuai dengan kondisi dan keinginan mereka, sambil tetap memenuhi kewajiban agama secara mendalam.

2. Niat dan Jenis Ibadah

  • Wajib Haji: Dalam wajib haji, niatnya lebih spesifik, yaitu menunaikan ibadah haji. Pelaksanaan haji wajib ini melibatkan serangkaian ritus, termasuk wukuf di Arafah, melempar jumrah, dan tawaf di sekitar Ka’bah. Setiap langkah ibadah diarahkan untuk menunjukkan ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah.
  • Rukun Haji: Niat dalam rukun haji melibatkan umrah dan haji. Jamaah umrah melakukan tawaf, sai (lari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah), dan tahallul (memotong rambut) sebagai bagian dari umrah. Kemudian, pada hari-hari tertentu di bulan haji, mereka melanjutkan dengan langkah-langkah tambahan yang mirip dengan wajib haji.

3. Ihram dan Pakaian Ibadah

  • Wajib Haji: Jamaah haji wajib mengenakan pakaian ihram sejak miqat (tempat yang ditentukan) dan memasuki keadaan ihram dengan niat haji. Pakaian ihram ini simbolik, sederhana, dan dikenakan untuk menunjukkan persatuan dan kesederhanaan di hadapan Allah.
  • Rukun Haji: Pada rukun haji, jamaah telah memasuki keadaan ihram saat melaksanakan umrah sebelumnya pada tahun yang sama. Sehingga, mereka tidak perlu memakai kembali pakaian ihram ketika melanjutkan ke pelaksanaan haji.

4. Pelaksanaan Umrah

  • Wajib Haji: Umrah tidak termasuk dalam rukun haji wajib. Meskipun umrah adalah ibadah yang sangat dianjurkan, haji wajib melibatkan langkah-langkah yang khusus untuk memastikan pelaksanaan haji yang sah dan diterima oleh Allah.
  • Rukun Haji: Rukun haji melibatkan pelaksanaan umrah sebagai tahapan awal. Jamaah melakukan tawaf, sai, dan tahallul sebagai bagian dari umrah sebelum melanjutkan dengan pelaksanaan haji.

5. Waktu Pelaksanaan dan Tanggal Tertentu

  • Wajib Haji: Wajib haji dapat dilaksanakan pada tanggal-tanggal tertentu selama musim haji, yaitu pada bulan Dzulhijjah. Pelaksanaannya wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi mereka yang memenuhi syarat-syarat tertentu.
  • Rukun Haji: Rukun haji dilaksanakan oleh mereka yang pernah melaksanakan umrah pada tahun yang sama dan ingin menambahkan niat haji. Pelaksanaannya dimulai setelah melaksanakan umrah dan dapat dilanjutkan pada tanggal-tanggal tertentu dalam bulan haji.

6. Jumlah Wukuf di Arafah

  • Wajib Haji: Salah satu rukun haji adalah melakukan wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf di Arafah menjadi momen penting dalam haji wajib dan merupakan rukun yang harus dilaksanakan oleh setiap jamaah haji.
  • Rukun Haji: Jamaah yang melaksanakan rukun haji juga melakukan wukuf di Arafah pada tanggal yang sama dengan haji wajib. Namun, jumlah waktu yang diwajibkan untuk wukuf dapat berbeda antara keduanya.

Nah, itulah 6 perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji yang paling mendasar. Bagi Anda yang belum paham cara daftar haji, Anda bisa membaca panduannya di situs resmi Kemenag RI atau situ-situs penyedia jasa haji.

Kesimpulan

Sangat jelas bukan, perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji? Melalui pemahaman yang mendalam tentang perbedaan antara rukun haji dan wajib haji, umat Islam dapat lebih baik mempersiapkan diri sebelum menunaikan ibadah haji ini nantinya.

Selain memahami perbedaan Rukun Haji dan Wajib Haji, sebagai umat muslim, perlu juga memahami makna hakiki dari menunaikan ibadah haji. Jangan jadikan ibadah haji hanya sekadar ritual ibadah. Lebih dari sekadar ritus, ibadah haji mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya, mengajarkan kita untuk mulai memperbanyak mengingat akhirat. Dengan banyak mengingat akhirat, maka perilaku kita akan semakin membaik.

Jika Anda sedang mencari travel haji atau umroh yang memiliki reputasi bagus, kami merekomendasikan Alhijaz Indowisata. Alhijaz Indowisata adalah salah satu travel haji plus dan umroh terbaik di Indonesia saat ini dengan jadwal keberangkatan hampir setiap hari, dan telah memiliki izin haji khusus dan terdaftar di Kementerian Agama RI.

Baca Juga: 3 Cara Setting Waktu Sholat Jam Digital Masjid

Continue Reading

Bisnis

Bentuk Kemasan Makanan yang Paling Umum

Published

on

bentuk kemasan makanan

Saat ingin membungkus makanan, minuman, dan lain lain, anda akan membutuhkan bentuk kemasan makanan yang terbaik. Kemasan makanan adalah bahan dan aksesoris yang digunakan untuk menyimpan atau mengikat makanan. Mari kita simak bersama sama bentuk kemasan makanan yang paling umum dan murah.

Kemasan dapat berupa kotak, botol, plastik ataupun kertas. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat kemasan ialah plastik dan kertas. 

Kemasan makanan adalah bagian penting dari sebuah produk. Kemasan dapat menjaga keamanan, kualitas dan kelancaran pengangkutan dan penyimpanannya. Kemasan juga memiliki fungsi lainnya yaitu mengatur penggunaan maupun penyimpanannya.

Makanan yang mengandung kandungan gizi dan nutrisi tinggi, memiliki kemasan yang aman dan mudah untuk dibawa. Hal ini dapat menjadi pilihan bagi para ibu yang bekerja sebagai wanita usaha, karena membuat mereka lebih mudah untuk membawa makanan serta mampu melindungi produknya dari kerusakan atau tercemar.

Sytorofoam

Styrofoam adalah bentuk kemasan makanan yang terbuat dari bahan polistirena. Styrofoam sering digunakan sebagai wadah untuk makanan dan minuman di tempat makan cepat saji, restoran, dan warung makan. 

Meski styrofoam dapat memberikan beberapa manfaat sebagai kemasan makanan, namun penggunaannya juga menimbulkan beberapa masalah lingkungan dan kesehatan.

Salah satu manfaat dari penggunaan styrofoam sebagai kemasan makanan adalah daya isolasi yang baik. Styrofoam dapat menjaga makanan dan minuman tetap panas atau dingin dalam waktu yang lama. Selain itu, styrofoam juga ringan dan mudah dibawa, sehingga cocok digunakan pada acara piknik, pesta, atau saat bepergian jauh. 

Oleh karena itu, beberapa negara dan kota sudah mulai melarang atau membatasi penggunaan styrofoam sebagai kemasan makanan. Beberapa alternatif kemasan yang ramah lingkungan dan lebih aman untuk kesehatan adalah kemasan kertas, kemasan berbahan dasar tanaman seperti bambu atau daun pisang, dan kemasan dari bahan daur ulang.

Paper Box/ Paper Bowl

Penggunaan paper bowl/box sebagai bentuk kemasan makanan kini menjadi semakin populer di berbagai penjuru dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat yang ditawarkan oleh paper bowl/box, baik dari segi lingkungan, kepraktisan, hingga kenyamanan pengguna. Dengan bahan ini anda juga bisa Cetak dus kemasan secara custom.

Paper bowl/box terbuat dari bahan yang mudah terurai dan ramah lingkungan, seperti kertas, karton, atau bagasse (sisa tebu). Dibandingkan dengan plastik yang membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk terurai, paper bowl/box dapat terurai lebih cepat, sehingga mengurangi dampak negatif limbah pada ekosistem.

Paper bowl/box umumnya cukup higienis karena menggunakan bahan yang tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri atau kuman. Selain itu, paper bowl/box juga lebih aman untuk digunakan karena tidak mengandung zat berbahaya, seperti BPA (Bisphenol A) yang biasa ditemukan dalam kemasan plastik.

Plastik

Plastik merupakan bentuk kemasan makanan yang sering digunakan sebagai kemasan untuk makanan dan minuman. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan plastik sebagai kemasan makanan dan minuman.

Pertama, plastik memiliki sifat yang tahan terhadap cairan, udara, dan bau. Oleh karena itu, plastik sangat cocok digunakan sebagai kemasan untuk makanan dan minuman yang membutuhkan perlindungan dari faktor-faktor tersebut. Plastik juga dapat mencegah kontaminasi dan menjaga kebersihan makanan dan minuman.

Plastik juga dapat melindungi makanan dan minuman dari kerusakan fisik seperti goresan, benturan, dan tekanan. Dalam proses pengiriman dan penyimpanan, makanan dan minuman dapat mengalami kerusakan fisik yang akan mempengaruhi kualitas dan kesegarannya. Dengan menggunakan plastik sebagai kemasan, kerusakan fisik dapat dihindari sehingga kualitas dan kesegaran makanan dan minuman tetap terjaga.

Plastik merupakan bahan yang ringan dan mudah dibawa-bawa. Kemasan yang ringan dan mudah dibawa-bawa membuat makanan dan minuman lebih mudah dijual dan didistribusikan. Selain itu, penggunaan plastik sebagai kemasan juga dapat mengurangi biaya pengiriman dan distribusi.

Aluminium

Aluminium sebagai kemasan makanan menawarkan berbagai manfaat yang menjadikannya pilihan yang cerdas dan ramah lingkungan. Aluminium memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menjaga makanan tetap segar dan bebas dari kontaminan.

 Kemasan aluminium dapat melindungi makanan dari paparan udara, cahaya, dan kelembapan. Sehingga menjaga kualitas dan kesegaran makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Salah satu keunggulan lain dari aluminium adalah ringan, membuat kemasan makanan lebih mudah untuk diangkut dan disimpan. Hal ini membantu mengurangi biaya pengiriman dan memudahkan konsumen dalam membawa produk.

Aluminium sangat fleksibel, yang memungkinkan kemasan makanan dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan desain kemasan sesuai dengan kebutuhan produk, dan menghasilkan kemasan yang menarik dan fungsional. Sekian adalah semua bentuk kemasan makanan yang dapat kami bahas hari ini.

Baca Juga: Tipe-Tipe Publisitas Antara Lain Dan Manfaatnya

Continue Reading

Info

Ketahui 5 Desain Interior Rumah Type 30/60 Terbaik 2023

Published

on

Desain Interior Rumah Type 30/60

Inspirasi desain interior rumah type 30/60 kerap dicari masyarakat yang ingin menjadikan tempat tinggalnya terasa lebih nyaman. Selain itu, ada juga yang ingin membuat ruangan dalam rumahnya terkesan lega, elegan, estetik, hingga terasa fungsional. 

5 Desain Interior Rumah Type 30/60 

Rumah type 30/60 artinya hunian yang memiliki luas sekitar 30 m2, yaitu panjang 6 meter dan lebar 5 meter. Kemudian, bangunan tersebut berdiri di tanah dengan luas area sekitar 60 m2. 

Jika dilihat dari ukuran bangunannya, 30 meter persegi memang tidak begitu besar. Oleh karena itu, orang-orang selalu berusaha membuat rumah tersebut agar terasa nyaman. 

Salah satu caranya adalah dengan mengubah desain interiornya. Untuk diketahui, berikut adalah beberapa rekomendasi desain interior rumah type 30/60 yang bisa diterapkan, simak hingga tuntas, ya.

1. Tembok Putih dengan Dekorasi Dinding untuk Ruang Tamu 

Rumah tipe 30/60 termasuk sebagai bangunan yang memiliki konsep minimalis. Oleh karena itu, rumah ini bisa didesain dengan dekorasi yang minimalis juga supaya tampilannya tampak sempurna.

Untuk mendapatkan kesan tersebut, Anda bisa menerapkan cat putih pada tembok dan memilih hiasan kayu dilengkapi warna putih. Kemudian, pastikan ukurannya tidak perlu terlalu besar guna menonjolkan gaya minimalisnya.

2. Kamar Multifungsi dengan Furnitur Terbaik 

Desain Interior Rumah Type 30/60

Selain di ruang tamu, desain interior di kamar juga sebaiknya diatur untuk menghasilkan tampilan menarik. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menerapkan dipan kayu multifungsi dengan bahan kayu agar kamar terkesan hangat.

Selain itu, dipan satu ini juga dapat menyimpan barang-barang Anda sebab terdapat laci di bawahnya. Untuk memaksimalkan kesan nyaman di dalamnya, terapkan warna-warna kalem seperti sage green hingga krem.

3. Dapur Abu-Abu dengan Gantungan Kitchen Ware 

Desain Interior Rumah Type 30/60

Warna abu-abu sangat direkomendasikan untuk digunakan di tembok dapur. Pasalnya, warna ini disebut-sebut mampu mengurangi kesan panas yang dihasilkan oleh api dari kompor ataupun yang lainnya.

Jika Anda tertarik menerapkan warna ini, jangan lupa terapkan juga aksesoris atau gantungan kitchen ware-nya. Dengan alat ini, Anda bisa menggantung alat-alat di dapur sehingga mengurangi risiko makan l ruang.

Selain gantungan, Anda juga bisa menerapkan lemari kompor. Furniture ini serupa dengan lemari piring pada umumnya, tetapi bisa digunakan sebagai alas kompor juga.

4. Ruang Kerja Nyaman Serba Putih

Desain Interior Rumah Type 30/60

Tidak jauh beda dengan ruang tamu, warna putih yang digunakan di ruang kerja juga dimaksudkan untuk memberikan kesan spacious space. Supaya lebih maksimal lagi, Anda bisa menambahkan dekorasi ruangan dan furniture yang sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya, menambahkan meja yang menyatu dengan lemari, kemudian kursi apa cafe, dan lampu gantung khusus baca.

5. Pilih Warna-Warna Cat yang Cerah

Desain Interior Rumah Type 30/60

 

Selain memberikan desain interior berdasarkan furniture dan hiasan ruangan, Anda bisa menjadikan rumah terasa nyaman dengan mengganti warna catnya. Untuk kesan yang lebih luas di rumah tipe 30/60, sebaiknya pilih warna-warna cat yang cerah.

Contohnya, Anda bisa menggunakan warna hijau tosca, kuning terang, olive, hingga warna-warna pastel. Warna-warna tersebut bisa disebar di ruang tamu, kamar tidur, hingga ruang tengah. 

Supaya hasil penerapannya bagus, Anda bisa menggunakan jasa borongan cat. Mengenai harganya, tidak perlu khawatir sebab hitungan borongan cat tembok bisa diatur berdasarkan jumlah kebutuhan masing-masing.

Misalnya, jika pengecatan selesai dalam tiga hari, Anda bisa mengeluarkan bayaran untuk jasa tukang selama hari yang ditentukan. Untuk bahan-bahannya, seperti cat, Anda perlu menyiapkannya masing-masing.

Itu tadi beberapa desain interior rumah type 30/60 yang bisa Anda tiru dan jadikan referensi saat berniat membangun rumah. Bagaimana? Konsep desain mana yang  ingin Anda terapkan?

Baca Juga: 5 Jenis Perekat Keramik Paling Ekonomis dan Fleksibel

Continue Reading

Trending